Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Hari ini kebanyakan orang memiliki komputer dirumah mereka. Komputer merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidapan sehari-hari kita dan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Apakah kita benar-benar menghargai dan tau bagaimana komputer pertama kali diciptakan dan darimana asalnya?

Bermula dari Mesin Ketik…

Mesin ketik ada sebelum komputer dan peralatan listrik. Banyak yang memberikan kontribusi terhadap terciptanya mesin ketik, jadi penghargaan tidak diberikan kepada satu orang. Sejarah mesin ketik dimulai pada tahun 1714 oleh Henry Mill, seorang penemu asal Inggris yang mendapatkan paten untuk sesuatu yang mirip mesin ketik.

Image Hosted by ImageShack.us

Dari 1829 ke 1870 banyak penemu mencoba mematenkan mesin ketik di Eropa dan Amerika. Namun tidak ada pemilik paten / penemu ini yang membawanya kepada produksi untuk keperluan komersil. Para penemu ini meliputi Henry Mill (penemu asal Inggris) dan William Austin Burt (penemu asal Amerika). Untuk daftar yang lebih lengkap kunjungi Wikipedia.org.

Pada tahun 1870 seorang penemu asal Denmark Rasmus malling-Hansen menjadi orang pertama yang secara komersil menjual mesin ketik di tahun 1870 dan merupakan tahun yang sama Thomas Edison menciptakan mesin ketik dengan listrik.

Para penemu menghabiskan bertahun-tahun untuk menyempurnakannya, hanya untuk melihat teknologi lebih baru membuatnya tampak usang.

Image Hosted by ImageShack.us

Komputer Pertama Dibuat..

Charles Babbage, yang juga dikenal sebagai “bapak komputer”, memulai ide sebuah komputer yang dapat diprogram. Mesin Babbage merupakan yang pertama dari komputer mekanikal, walaupun belum selesai, sebagian besar disebabkan oleh masalah keuangan dan pribadi. Ia mengarahkan pembuatan mesin bertenaga uap yang berhasil menuai sukses. Walaupun mesin Babbage sangat mekanis dan berat, arsitektur dasarnya sama dengan komputer modern. Data dan memori program memiliki tempat terpisah, operasi didasarkan atas perintah, dan mesin memiliki unit input/output yang terpisah.

Image Hosted by ImageShack.us

Atanasoff Berry Computer (AKA ABC) merupakan komputer elektronik pertama yang memiliki bobot lebih dari 700 pound. Pengerjaan komputer ini dimulai tahun 1937 oleh John Vincent Atansaoff dan Clifford Berry. Mesin baru ini dapat mengerjakan 29 penghitungan secara bersamaan. Namun input/output masih tidak dapat dipercaya dan penemunya harus meninggalkan universitas Iowa untuk Perang Dunia II pada 1942, meninggalkan proyek tersebut tanpa kemajuan. Karena penemu meninggalkannya akibat perang, tidak banyak orang yang tau kalau mesin ini telah ditemukan sampai 1960, yang kemudan menimbulkan kontroversi tentang penemuan komputer yang pertama.

“Model ABC yang didemonstrasikan tahun 1939 belum merupakan komputer, sama seperi model Wrights bersaudara yang belum bisa dikatakan pesawat terbang kala itu”, kata Allan R Mackintosh, Professor dari Universitas Kopenhagen.

ENIAC diciptakan oleh John Mauchly dan John Presper Eckert pada tahun 1943. Ukuran fisik dari mesin ini sangat besar jika dibandingkan dengan komputer yang kita miliki hari ini. Menurut Wikipedia, ENIAC memiliki 17.468 pipa hampa udara, 7.200 dioda kristal, 1.500 relay, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta hubungan solder. Beratnya mencapai 30 ton, dengan ukuran 2.6 m x 0.9 m x 26 m dengan volume 63m kubik dan mengkonsumsi 150kW tenaga. Pengadilan distrik di A.S menolak paten yang diajukan ENIAC dan mengatakan ABC merupakan komputer pertama.

Image Hosted by ImageShack.us

Hari ini, Komputer Cukup Kecil Untuk Rumah Anda..

Debut Apple Macintosh pada 1984 menawarkan fitur sederhana, graphical intervace, penggunaan 8-MHz, 32-bit Motorola 68000 CPU dan built-in 9-inch B/W screen.

Komputer Portabel..

Ilmuan terdahulu mengatakan “komputer tidak mungkin sekecil itu untuk bisa dibawa-bawa”

Epson HX-20 merupakan komputer portable pertama dibuat tahun 1981. Ia berukuran seperi mesin jahit dan tidak dioperasikan dengan batterai.

Teknologi Hari ini…

Image Hosted by ImageShack.us

Komputer pernah dianggap sebagai teknologi yang tidak penting. Ken Olsen, Chairman dari Digital Equipment Corporation tahun 1977 mengatakan “Tidak ada alasan bagi orang untuk memiliki computer dirumah mereka.”

Komputer awalnya dibuat untuk mengkalkulasi sesuatu, sekarang ini telah berubah menjadi laptop portable abad 21, PDA seukuran genggaman tangan, desktop, film animasi, system GPS, world wide web, dan masih banyak lagi.

Klik di sini dan disini untuk sumber artikel.

About these ads

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: