Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Rambus pada hari Rabu akan mengumumkan sebuah inisiatif yang dinamakan Terabyte Bandwidth Initiative (TBI) yang didesain untuk membawa bandwidth sebesar Terabyte ke arsitektur multi core di masa depan. Desain ini menggunakan 16 channel DRAM, masing – masing bekerja dengan kecepatan 16 Gbps, mentransfer data sebesar 4 byte di setiap clock cycle. Secara teori, kecepatan transfer totalnya konfigurasi ini mencapai 1024 Gigabyte (1 TB) melewati 16 channel yang berbeda.

Salah seorang TG Daily yang mendapatkan kabar ini sebelum tanggal peluncurannya mengindikasikan bahwa Rambus masih belum mempunyai prototipe yang berfungsi penuh saat pengumuman ini. Akan tetapi, mereka memiliki sebuah prototipe yang dibuat dengan teknologi proses 65nm yang beroperasi di sebuah channel dengan kecepatan 64 GB/s.

Rambus menginginkan teknologi TBI ini untuk mulai diproduksi secara massal di tahun 2010 atau 2011, dengan penelitian difokuskan ke konsumsi energi dan panas yang berlebihan. Menurut mereka, teknologi 45nm atau lebih kecil lagi kemungkinan akan dibutuhkan untuk produk – produk komersiil awal yang mengadopsi teknologi TBI.

Jadwal peluncuran ini kemungkinan besar akan diiringi produk – produk dengan core banyak oleh Intel dan AMD. Hingga saat ini, Rambus masih belum bekerja dengan mitra lain untuk mengembangkan TBI. Selain itu, Rambus juga secara internal tengah mengembangkan beberapa teknologi yang juga dapat mendorong kinerja dan kecepatan tinggi.

Klik di sini dan disini untuk sumber artikel.

thanks to Sushi dan Udaramaya.com 

%d blogger menyukai ini: