Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Google Docs dan Spreadsheets telah berkembang pesar sejak bulan Juni. Menurut Compete, di bulan Oktober, 1,6 juta orang memakai jasa berbasis web ini, naik dari 635.000 di bulan Juni. Walaupun angka ini cukup besar, 1,6 juta tetaplah merupakan pangsa yang kecil apabila dibandingkan dengan jumlah aplikasi – aplikasi produktivitas yang dipakai di desktop.

Seperti yang dapat anda lihat di statistik Compete di bawah ini, Google Spreadsheets terlihat sedikit lebih populer dibandingkan Google Docs. Begitu juga dalam waktu rata – rata yang dihabiskan pemakai di setiap aplikasi (8 menit per bulan untuk Spreadsheets dan 6 menit per bulan untuk Docs).

Image Hosted by ImageShack.us

Saat ini, saya merasa bahwa Spreadsheets adalah aplikasi yang lebih berguna. Saya menggunakan Google Spreadsheets dari waktu ke waktu untuk mengorganisasi konferensi dan lain – lain, akan tetapi belum pernah menulis apapun di Google Docs selain untuk mencoba jasa ini.

Menurut saya hal ini dikarenakan fitur besar yang ditawarkan kedua aplikasi ini adalah kolaborasi dan pemakaian Spreadsheets biasanya lebih memerlukan kolaborasi. Untuk dokumen – dokumen Word, kebanyakan dari kita hanya perlu membaca dokumen yang ditulis orang lain, dan mengirimkan dokumen tersebut lewat email sudah cukup. Selain itu, apabila saya perlu berkolaborasi menulis sebuah dokumen, saya melakukan hal itu di sebuah editor online yang juga dapat langsung mempublikasikannya (WordPress).

Apabila dibandingkan dengan aplikasi – aplikasi produktivitas online lainnya seperti Zoho, Officelive, Thinkfree dan Zimbra, Google Docs dan Spreadsheets memiliki jumlah pengunjung unik yang jauh lebih banyak. Di bulan November 2007, Google Docs dan Spreadsheets memiliki 1,6 juta pengunjung unik, dibandingkan dengan Zoho (133.000), 168.000 pengunjung untuk Officelive (yang masih belum merupakan produk yang bersaing), 46.000 untuk Zimbra (juga tidak dapat dibandingkan langsung karena Zimbra lebih berupa sebuah klien untuk email) dan 18.000 untuk Thinkfree.

Image Hosted by ImageShack.us

Untuk perbandingan yang lebih detil lagi, Zoho Writer mendapat 31.000 pengunjung unik di bulan November dibandingkan dengan 677.000 hanya untuk Google Docs saja. Zoho Sheets memiliki 12.000 pemakai dibandingkan 694.000 untuk Google Spreadsheets. Google masih jauh lebih unggul dari kompetitor lainnya.

Image Hosted by ImageShack.us

Akan tetapi Google juga tidak bisa berdiam diri saja. Apabila anda melihat jumlah pageview, Officelive yang bahkan masih belum diluncurkan mendapat pageview yang lebih besar dibandingkan Google Docs dengan 4,8 juta pageview dibandingkan 3,5 juta yang didapat Google Docs di bulan November. Google Spreadsheets mendapat 7,5 juta pageview, sedangkan Google Docs secara keseluruhan (Docs, Spreadsheets dan Presentations) memiliki pageview total 17,3 juta.

Klik di sini dan disini untuk sumber artikel.

%d blogger menyukai ini: