Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Mempersiapkan acara Intel Developer Forum (IDF) yang akan dimulai di tanggal 2 April di Shanghai, senior VP Intel Pat Gelsinger memberikan bocoran tentang apa yang akan mereka umumkan di IDF. Topik terpanas kali ini adalah produk chip grafis pertama Intel yang akan datang, yaitu Larrabee. Selain Larrabee Intel juga memberikan lebih banyak detil tentang arsitektur Nehalem berikut Sandy Beach 32nm yang akan menjadi penerusnya.

Intel Larrabee

Salah satu topik yang paling ditunggu – tunggu adalah Larrabee, produk many core pertama Intel yang akan dirilis sebagai sebuah kartu grafis di tahun 2009 atau 2010. Intel akan menyaingi AMD dan Nvidia dalam segmen atas industri grafis dengan menggunakan core IA biasa. Menurut Gelsinger, kekuatan utama dari Larrabee adalah engine floating point-nya yang memiliki kemampuan kalkulasi lebih dari 1 Teraflop, melampaui kinerja dari kartu grafis Tesla dari Nvidia dan Firestream dari AMD.

Image Hosted by ImageShack.us

Nehalem

Detil Nehalem sudah banyak ditunjukkan kepada para pengamat industri sebelumnya. Singkatnya, prosesor Nehalem akan memiliki jumlah core sebanyak 2 hingga 8, menggunakan teknologi QuickPath, integrated memory controller dan sebuah sistem cache baru dengan 3 level.

Image Hosted by ImageShack.us

Dari segi kinerja, Nehalem akan meningkat drastis dari Penryn karena dukungannya terhadap 128 micro-ops (naik dari 96 di arsitektur Core saat ini). Mereka juga telah mengimplementasikan algoritma baru yang memungkinkan akses cache dan sinkronisasi yang lebih cepat. Intel juga menambahkan sebuah branch predictor kedua yang kemudian disebut extended branch prediction.

Sandy Bridge, prosesor 32nm

Di tahun 2009 Intel akan mengecilkan teknologi manufaktur Nehalem dari 45nm menjadi 32nm dengan kode produk “Westmere” sedangkan Sandy Bridge, arsitektur terbaru Intel setelah Nehalem akan diperkenalkan di tahun 2010.

Gelsinger mengatakan bahwa Sandy Bridge akan memperkenalkan sebuah instruction set baru yang dinamakan “Advanced Vector Extension” (AVX) yang memungkinkan Intel untuk melipat gandakan kinerja floating point sekaligus mengambil dan menyortir data dengan lebih efisien.

info lebih lanjut klik di sini dan disini

source : udaramaya.com dan pcper.com

%d blogger menyukai ini: