Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Perhatian:

Motherboard yang dipakai adalah ASUS P5W DH Deluxe.Untuk Gigabyte P35-S3L,panduan ada dibawah.

Komunitas OSx86 yang memodifikasi operating system (OS) Mac agar dapat dipakai di PC telah semakin maju, dan kini anda dapat menginstal Leopard di komputer anda semudah di Mac, tanpa perlu belajar command line sama sekali. Terlebih lagi, hasil dari instalasi ini, secara teori juga dapat diperbaharui tanpa resiko papapun.

Selain kemudahan proses instalasi ini, instalasi baru ini juga memperbaiki semua masalah yang saya miliki sebelumnya seperti harus memasukkan DVD instal saat pertama kali boot dan dukungan wi-fi yang kurang baik. Hanya ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menginstal Hackintosh.

**Tambahan dari Sushi sendiri**: sebelum mulai mengikuti panduan ini, ada baiknya anda mengunjungi halaman ini dan melihat apakah perangkat keras yang anda miliki, terutama motherboard, chipset dan kartu grafis anda kompatibel dengan OSx86.

Konfigurasi BIOS anda

Hal tersulit dalam instalasi ini adalah mencari konfigurasi yang benar dengan motherboard yang saya miliki. Untuk menemukan hal ini, saya melakukan beberapa modifikasi kecil dan oleh karena itu, supaya tidak melupakan sesuatu, saya telah mengambil foto dari setiap halaman BIOS yang relevan.

Apabila anda menggunakan motherboard yang sama dengan saya (Asus P5W DH Deluxe), lihatlah screenshot di bawah ini dan ubah konfigurasi BIOS anda mengikuti gambar – gambar di bawah ini. Apabila anda tidak menggunakan motherboard yang sama, konfigurasi di bawah tetap akan menjadi panduan yang baik, walaupun mungkin tidak sama persis.

Instal OS X dengan Kalyway Install Disc

Dengan BitTorrent, anda harus menemukan image untuk “Kalyway Leopard 10.5.1 SSE2 SSE3” (coba saja cari di The Pirate Bay). Unduh DVD instal ini dan burn ke sebuah DVD, inilah yang akan anda perlukan untuk meng-instal Leopard. DVD ini memiliki instalasi Leopard berikut perangkat lunak EFI yang memungkinkan perangkat keras anda untuk berinteraksi dengan OS X dengan menggunakan kernel orisinil, sehingga anda tidak perlu menggunakan command line sama sekali.

Anda hanya perlu menginstal dengan DVD ini dan semuanya akan terinstal begitu saja, dengan mudah (setidaknya pengalaman saya sejauh ini). Dengan asumsi anda telah mempersiapkan BIOS anda dan memiliki DVD instal Kalyway, anda telah siap untuk meng-instal Leopard.

Pertama, boot dengan DVD ini, hal ini mungkin akan memakan waktu beberapa menit, anda harus menunggu dengan sabar.

Sebelum memulai instalasi, anda perlu mem-format hard disk (HD) anda, jadi pilih “Utilities -> Disk Utility” di menu bar. Temukan HD yang ingin anda instal, pilih dan kemudian di tab “Partition” pilih skema “1 Partition”, berikan nama apapun yang anda mau (saya menamakan partisi saya Leopard) dan pilih format “Mac OS Extended (Journaled).” Kini pilih tombol “Options” untuk memilih skema partisi. Anda dapat memilih skema partisi sebagai “Master Boot Record” atau GUID, pilih GUID.

Klik “Apply”, biarkan perangkat lunak ini menyelesaikan proses partisi, kemudian keluarlah dari “Disk Utility” dan kembali ke “Installer”. Pilih “Continue” di layar pertama, setujui syarat pemakaian kemudian jangan lupa memilih tombol “Customize” sebelum memulai instalasi anda. Sisanya, anda hanya perlu memilih konfigurasi atau pilihan yang anda suka.

Paket instalasi ini datang dengan setting – setting khusus yang cocok untuk motherboard anda, dan motherboard yang saya gunakan Asus P5W DH Deluxe memiliki dukungan yang sangat baik di versi ini. Lihatlah screenshot di bawah ini untuk melihat setting yang perlu anda gunakan apabila anda juga memiliki motherboard yang sama.

tambahan :
bagi yang menggunakan Motherboard Gigabyte P35-S3L,HD Western Digital 160GB SATA,VGA HIS X1300.

Pada BIOS SATA AHCI dimatikan , pastikan pula SATA pada mode ON. Kemudian pada tampilan Customize seperti gambar diatas, Jangan Install VGA dulu,kemudian Soundcard juga jangan di Install dulu.Untuk download driver soundcard Realtek ALC888 klik disini. Jangan Centang Boot efi_guid tapi yang satunya efi_mbr(APABILA SEBELUMNYA PARTISI ANDA MENGGUNAKAN FORMAT NTFS WINDOWS). Untuk kernel nya jangan memberi tanda centang pada Vanilla_ACPI_Fix ditakutkan tidak bisa memboot lagi(Kalau ingin dicentang,silahkan gak papa kalau hang bisa diulang lagi dari awal ,,, EKSPERIMEN MODE ON hehehehe :D) cukup centang Vanilla_Kernel saja.Kalau sudah klik Done.
Setelah anda siap, klik “Done” dan kemudian mulailah proses instalasi, saat sudah selesar, keluarkan DVD instal kemudian operasikan Leopard di PC anda.(sus/bbs)

Klik di sini dan disini untuk sumber artikel.

Tampilan Mac Leopard yang berhasil saya instal di PC

Tag:

%d blogger menyukai ini: