Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

“Coba bayangkan Java pun Go OpenSource!!”

Anda tidak salah baca!ada kabar nih dari Yahoo News,Sun Microsystems meningkatkan usahanya untuk mempopulerkan pemakaian Java di Linux dengan menghapus beberapa pembatasan terakhir yang tersisa platform open source Java. Dengan langkah ini, Java akan menjadi murni open source dan dapat dipaketkan dengan lebih mudah dengan beberapa distribusi Linux.

Bersamaan dengan dimulainya kegiatan ini, Sun juga tengah berunding dengan berbagai distributor Linux termasuk OpenSuse, Ubuntu dan Fedora untuk menawarkan versi OpenJDK terbaru yang membentuk platform Java open source. OpenJDK berbasiskan Java Platform, Standard Edition (ES) 6 yang telah dibuat open source secara bertahap sejak bulan November 2006. Akan tetapi, beberapa komponen, beberapa di antaranya adalah library enkripsi, grafik, suara dan SNMP.

Rich Sands, manajer divisi developer marketing di Sun mengatakan bahwa mereka “berharap untuk melihat tanggapan baik di kubu Linux dalam waktu dekat ini, mudah – mudahan untuk JavaOne. Kami telah bekerja sama dengan komunitas open source Java untuk merampungkan proyek OpenJDK.” Dalam setahun yang lalu, proyek OpenJDK telah menghapus sebagian besar dari coding non-open source yang ada dalam OpenJDK, yang tersisa hanyalah coding Java sound engine dan SNMP, dan kedua library terakhir ini diperkirakan untuk selesai tahun ini.

Ubuntu mendistribusikan Java sebagai aplikasi komersiil yang terpisah, akan tetapi saat Java sudah 100% open source, platform tersebut dapat ditawarkan sebagai bagian dari distribusi Ubuntu dan distro Linux lainnya. (sus)

Klik di sini dan disini untuk sumber berita.

%d blogger menyukai ini: