Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

“Kadang disc Blu Ray nya ga kebaca”

“Kalau udah lampu merah 3 biasanya GPUnya mas atau..”

Itulah hasil wawancara saya dengan salah satu empunya toko Game Console di Surabaya. To the point saja,nah kebetulan saya melakukan reparasi XBOX 360 saya, sudah lampu merah 3. Awalnya aku bingung,kenapa kok bisa begini. Atau jangan rusak beneran nih. Kemudian saya bawa ke salah satu toko game console,yang katanya bisa membenahi next gen console milik saya. Ada hampir 1 bulan,akhirnya yang merepair XBOX 360 saya nyerah.

Alhasil kepala saya makin pusing, akhirnya saya coba kontak beberapa teman saya yang kebetulan juga punya toko game console. Dianjurkan ke Level Up, bro stephen yang pegang tuh toko.

Saat udah sampai itu XBOX ditangan bro Stephen,di bongkar lah XBOX 360 saya. Sambil nungguin itu XBOX 360 dibongkar , saya melihat ada sepasang PlayStation 3 dibungkus plastik rapih di etalasenya. Lalu aku tanya asistennya.

“Mas itu PS3 kenapa ?” tanya saya sambil menunjuk

“oh itu mas ? iya nih udah lama lom diambil ama yang punya.” jawab asistennya

“lho emang ada masalah dengan PS3 nya itu? tanya ku lagi

“Iya,lensa optiknya nggak berfungsi pas awal-awal datang ke toko ini. Awalnya udah di servis disini bisa dimainkan juga di toko,tapi pas udah sampe rumah gak bisa lagi.itu pun udah dilakukan 3 kali mas,padahal harga lensanya mendekati 1juta rupiah!” jawab asisten nya yakin.

“waks!! 3 kali servis???” aku kaget dan tercengang. ” itu sih lama-lama bisa buat beli XBOX 360 baru atau PS3 lagi donk!?

Melihat dari pengalaman diatas bisa disimpulkan nggak semua produk baru itu sempurna,entah itu dengan teknologi terkini pun, atau harga yang murah juga ? mengingat versi produk ini baru jalan 2 tahunan untuk XBOX 360 dan 1,5 tahun untuk Playstation 3. Masih ada kemungkinan ada bug pada hardwarenya atau sistemnya.

Tapi untuk XBOX sendiri sudah ada yang terbaru.Datang dengan prosesor 65nm dan ber kode Falcon. XBOX 360 versi Falcon ini disinyalir lebih baik dari sebelumnya.Lebih dingin dan ada tambahan HDMI Port.Untuk Playstation 3 sendiri masih bermain pada produk 40GB.

Dibawah ini saya masukkan list kemungkinan hal2 kerusakan yang timbul di Mesin Next Gen Console.

Daftar Error / Kerusakan XBOX 360:
– 3 Lampu Merah / 3 ROL Tidak Keluar Gambar
– 1 Lampu Merah Error 74 / 76 dll
– Power Supply Error / Salah Colok
– Special Flash utk drive Hitachi 78FK / 79FL
– Backup DVD key / Firmware
– Unbrick Hitachi Drive
– Unplayable Disk
– Replace Optical / Lens semua drive
– Spoofing / transfer DVD key antar jenis Drive
– Wireless Controller / Wired Controller Rusak

Daftar Error / Kerusakan Playstation 3:
– Sebentar Hidup langsung Stand By
– Tidak bisa membaca disc / icon disc berputar-putar terus menerus
– Power Supply Error
– Gambar di Layar Gelap / Tidak ada Gambar
– Kipas Internal Mati
– HDD Error / Tidak bisa save / Install data
– WiFi Error

Daftar Error / Kerusakan Nintendo Wii:
– Error #001, Unauthorized device has been detected
– Power Supply Error / Salah Colok / Upgrade 220V Stabil
– Semi Brick Wii (firmware min 3.1)
– Weather / News Channe menjadi 2
– Wiimote Error / Tidak Presisi
– Sensor Bar Error

Data diatas diambil dari LevelUpShop.com

(Thanks to bro Stephen Levelupshop)

Tag:, , , , , , , ,

