Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Atau lebih dikenal sebagai sistem manajemen konten,adalah adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Dan pada dasarnya CMS itu adalah manajemen konten serta mempublikasikan konten atau isi tadi.

Adapun pembagian kategori CMS itu sendiri dibagi menjadi 4 macam :

  • Enterprise CMS
  • Web CMS
  • Mobile CMS
  • Component CMS

Lalu apakah itu Enterprise CMS,Web CMS,Mobile CMS,dan Component CMS ?Baik mari kita telaah satu persatu.Kita mulai dari Enterprise CMS

Enterprise Content Management System

Disingkat  menjadi ECM adalah strategi,metode dan perlengkapan yang digunakan untuk menangkap/mendapatkan,mengatur,menyimpan,menyajikan dan menyampaikan konten (isi) dan dokumen yang berhubungan dengan proses organisasi / web yang bersangkutan. Tool ECM dan strateginya mengizinkan kita untuk mengatur informasi yang belum terstruktur,yang didalam organisasi atau web tadi.

FYI: ECM atau Enterprise Content Management System pertama kali diperkenalkan oleh AIIM ( Association for Information and Image Management ) pada akhir tahun 2005.

Web CMS


Web CMS adalah suatu sistem CMS yang mana didesain sesimple mungkin dalam mempublikasikan isi dari sebuah website. Dan umumnya Web CMS ini memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam menambahkan suatu konten / isi tanpa membutuhkan pengentahuan teknis tentang HTML atau bagaimana cara mengupload sebuah file kedalam web tersebut.

Adapun contoh-contohnya adalah :

Component Content Management System ( CCMS )

Adalah manajemen konten yang paling dasar,dimana komponen itu tadi merepresentasikan setiap topik,konsep,dan aset (gambar,tabel,deskripsi produk,dan lain-lain ). Dan kemudian komponen itu digabungkan menjadi satu dan dapat dibaca sebagai komponen atau dokumen tradisional. Tiap-tiap komponen itu,memiliki  lifecycle sendiri ( seperti pembuat,versi,dan lain-lain),dan dari lifecycle itu sendiri kita dapat mengetahui asal muasal komponen itu berasal. CCMS pada umumnya digunakan untuk multi-channel customer-facing content ( seperti marketing, usage, learning, support ).

Keuntungan menggunakan CCM adalah :

  1. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan selalu konsisten
  2. meminimalkan biaya perawatan
  3. meninimalkan biaya pengiriman

Jadi itulah macam-macam dari pengkategorian CMS ( Content Management System ).(bbs)(wiki)

Tag:, , ,

%d blogger menyukai ini: