Skip to content

Gubug IT

IT and Design News Update

Well,selama ini kita sudah mengenal banyak sekali macam-macam software navigasi dan sejenisnya yang menggambarkan dunia nyata ke dalam desktop komputer. Seperti aplikasi navigasi Google Maps / Google Earth. Software – software ini menggambarkan sedemikian rupa lingkungan sekitar agar mirip dengan dunia nyata kita.

Tapi,suatu saat nanti kita akan dikenalkan suatu teknologi yang mengubah teknologi diatas menjadi lebih mudah,mudah bagaimana? FPUI atau disebut dengan First Person User Interface adalah solusinya.Nanti, dunia nyata inilah yang akan menjadi tampilan tatap muka ( interface ) kita saat melakukan navigasi. Kita dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam satu genggaman saja.

Lalu, contoh FPUI itu apa saja? ayo kita bahas dibawah ini.🙂

Navigasi Dunia Nyata

Nearest Tube

adalah aplikasi navigasi FPUI yang akan memberitahukan kepada kita dimana letak stasiun bawah tanah terdekat dengan menampilkan beberapa arah-arahnya dan ditampilkan melalui kamera ponsel anda.

Seperti yang anda lihat pada video diatas, aplikasi diatas mengarahkan pointernya ke lokasi stasiun terdekat kedalam tampilan layar dan secara cepat akan menjelaskan kearah mana yang harus anda lalui.

Model Augmented Reality

Pada model augmented ini, kita sebagai user akan diberikan suatu interface yang informatif dan dapat membantu kita untuk memahami informasi yang ada disekitar kita dan ditampilkan pada layar dengan latar belakang lingkungan asli di sekitar kita. Bisa dikatakan model augmented ini adalah selangkah lebih kedepan dari Nearest Tube.
Sebagai contoh, salah satu aplikasi jenis augmented ini menampilkan dunia nyata sekitar kita berserta  informasi seperti tingkat rating atau gambar makanan dari salah satu restoran yang ada didepan kita,hanya dengan mengarahkan perangkat kita tadi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi tersebut.(bbs)(via smashingmagazine.com)
contoh dari Augmented Reality :


Tag:, , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: